Lelaki Penjaga Tanah Keramat itu telah pergi

Tuan Guru Besilam Wafat
Spread the love
Tuan Guru Besilam Wafat
Berita Langkat: Tuan Guru Besilam Hasyim Sarwani

Kabar itu terdengar sayup-sayup melalui dering telpon seluler seorang sahabat. Suaranya tidak begitu terdengar di telinga karena jaringan telpon yang sulit di daerah pesisir tempat aku berada saat itu.

Novel biografi Muhammad:  Akhirnya Kau pun lahir Muhammad Sang Bintang!

Tuan Guru Besilam wafat, sebuah berita yang sangat tidak diharapkan tentunya oleh sang murid tentang gurunya yang mulia. Paling tidak itulah yang dapat ditangkap saat ini. tangis membuncah, pekik takbir memecah saat kepulangan jenazah yang dibawa ambulan sore itu. Langit besilam seakan suram, awan memendung, seakan petala langit hendak menyampaikan rasa bela sungkawanya kepada sosok keramat yang memiliki marwah mulia. Ia sebagai penerus generasi keramat yang pernah menorehkan sejarah gemilang tentang kejayaan Islam dan kedigdayaan Sultan Langkat yang harmonis saat itu.

Memahami Kemanusiaan Rasul

Harmonisasi ulama dan umara dalam konstruks peradaban Islam kosmopolit di Langkat pernah menjadi sebuah catatan sejarah.  Kini diwariskan oleh sang cucu, ialah syaikh Hasyim As syarwani. Sang cucu sudah beranjak tua, dengan penyakit jantung yang dideritanya, tak surut ia mengabdikan dirinya berkhidmad untuk umat melalui tariqat Naqshabandiyahnya. Tatap matanya teduh. Jika berjalan, seakan-akan derap langkahnya seperti mengisyaratkan hikmah yang begitu dalam. Langkah-langkah itu, ada kalimat zikir menyertainya! Sungguh benarlah apa yang dikatakan bait-bait hadis Kudsi

Jika Kau ingin mengenalKU lazim-lazimkanlah menyebut namaKU …sertakanlah dirimu dengan orang-orang yang mengenalKU

pada sebuah hari yang telah dijanjikan Allah, hari ke tujuh matahari hendak berangkat pergi menjemput sore, di ruang perawatan sebuah rumah sakit, tubuh yang kian melemah itu harus berpisah dengan ruhnya, memilukan. Alangkah bahagianya sang Ruh, ia akan menemui kekasihnya setelah sekian lama berpisah. Ia akan abadi dalam cinta kepada pemiliknya. Ia, Lelaki Penjaga tanah keramat itu abadi bersama sang pemilik keabadian. Selamat jalan Tuan…

HMI Koms Fak. Ekonomi Islam laksanakan Pelatihan Kerajinan tangan

Tinggallah kami yang menahan bencana ini, bukankah kematian seorang ulama adalah sebuah musibah bagi dunia ini? duhai Tuan yang teduh hatinya, kami bersedih, tapi kami sadar, tugasmu telah Usai..Al fatihah…………….

Tinggalkan Balasan